Ilmu Politik dalam al-Quran: Respon atas Isu-isu Aktual dan Kontekstual

Photo



Detail
Status
on

Price ( Rp. )
160000

Discount ( % )
10


Description
Detail Produk

  • Judul: Ilmu Politik dalam al-Quran: Respon atas Isu-isu Aktual dan Kontekstual
  • Penulis: Dr. Ilyas Daud, M.S.I
  • Editor: Atiq Aqiqotul Hasanah
  • Penerbit: RaSAIL Media Group: Semarang, 2019
  • ISBN: 978-602-9599-18- 
----------------------------

Secara spesifik dan teknis Al-Qur’an memang tidak membicarakan persoalan politik secara panjang lebar, hanya sedikit saja. Namun, nilai-nilai universal yang terkandung di dalamnya, menjadikan kitab suci umat Islam ini relevan disetiap waktu dan tempat, dan relevan dalam konteks apapun, baik hukum, ekonomi, budaya, sains, dan termasuk politik. Buku ini adalah bagian dari upaya menguraikan relevansi tersebut.

Dalam konteks ilmu politik khususnya, ternyata Al-Qur’an benar-benar memiliki khazanah pengetahuan tentang itu, terutama jika al-Qur’an dimaknai secara universal, menangkap nilai maqasidnya, dibaca dalam ragam pendekatan, baik linguistik, semantik, hermeneutik, sosio historis, dan dikaitkan dengan semangat misi kehadirannya sebagai rahmat bagi semesta alam, lalu dikaitan dengan isu-isu politik terkini, seperti korupsi, oligarki, kriminalitas, politik uang, politik identitas, peran dan fungsi negara, kepemimpinan, kekuasaan dan lain lain, maka akan ditemukan sumbangsi-nya bagi kemaslahatan kehidupan umat manusia.

Memang ada sebagian pemikir muslim yang berpendapat bahwa dalam al-Qur’an tidak ada teori atau konsepsi mengenai politik. Bagi penulis, pendapat seperti itu berangkat dari sudut pandang murni kewahyuan al-Qur’an tanpa dihubungan dengan tafsir, atau dunia tafsir menafsir. Bukankah tafsir merupakan ilmu yang berfungsi mengeluarkan hukum dan hikmah dalam al-Qur’an sebagaimana pendapat Al-Zarkasyi, lalu hukum dan hikmah itu dikaitkan dengan kehidupan manusia dalam ragam konteks, isu, waktu dan tempat. Dalam kata lain tafsir adalah media dimana manusia menghubungkan teks (wahyu) dengan konteks (politik). Dengan tafsir, al-Qur’an menjadi teks dinamis, terbuka dengan segala hal. Itulah yang dimaksud dalam tulisan ini. Atas dasar itu, maka buku ini diberi judul “Ilmu Politik Dalam Al-Qur’an, Respon atas Isu-Isu Aktual dan Kontekstual”.

Isu politik memang luas, dan buku ini tidak bisa memuat semuanya. Karenanya penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itulah buku ini lahir, agar penulis bisa belajar dari kekurangan dan kesalahan itu untuk perbaikan pada karya-karya berikutnya. Untuk itu penulis sangat membuka diri atas kritik dan masukan apabila pembaca menemukan kesalahan-kesalahan di dalam buku ini.

-----------------------------

Disclaimer: Pembelian buku akan di proses langsung setelah pembayaran di terima.

Order mudah! via WhatsApp.

Instant Checkout dengan Contact Form WhatsApp.

Online 1x24 Jam!

Apapun pesananmu, CS (Customer Service) kami akan dengan senang hati untuk melayani.. :)

Kualitas Terbaik!

Kami memastikan, produk yang kami kirim sesuai dengan Ekspektasi pembeli.
1 Butuh bantuan?

×


×

Ilmu Politik dalam al-Quran: Respon atas Isu-isu Aktual dan Kontekstual


*Sub-Total :
*%20

* Belum termasuk Ongkos kirim


Kirim