Madzhab Syafi'i: Sejarah, Konsep, dan Struktur

Photo




Detail
Status
on

Price ( Rp. )
90000

Discount ( % )
15


Description
Detail Produk

  • Judul: Madzhab Syafi'i: Sejarah, Konsep, dan Struktur
  • Penulis: Dr. Ahwan Fanani, M.Ag.
  • Editor: Mohammad Nor Ichwan
  • Penerbit: RaSAIL Media Group: Semarang, 2023
  • ISBN: 978-623-5955-00-0
---------------------------------------------
Buku ini membahas tentang perkembangan hukum Islam dan keberadaan madzhab fikih sebagai khazanah yang mewarnai keberadaan hukum Islam secara berabad-abad. Madzhab hukum Islam telah melahirkan karya-karya tidak ternilai, baik mengenai aspek metodologi (ushul fikih dan kaidah fikih) maupun mengenai aspek doktrin (fikih). Madzhab menyediakan pendapat otoritatif, ulama otoritatif, dan karya otoritatif yang memudahkan masyarakat muslim untuk mengkaji dan memahami pengaturan agama Islam dalam aspek lahiriyah. 
Sampai saat ini, madzhab hukum masih memainkan arti penting di dunia Islam, meskipun muncul otoritas hukum Islam yang berbasis kepada organisasi Islam. Madzhab masih menarik perhatian karena peninggalan karya dan kemapanan struktur yang terbangun selama berabad-abad. Namun, perkembangan sosial di kalangan masyarakat muslim juga melahirkan pembaharuan dalam pemikiran hukum yang membuka alternatif untuk mencari jawaban hukum Islam di luar madzhab klasik. Proses pembaharuan demikian tidak serta merta dapat menegasikan pencapaian para ulama madzhab dalam menjelaskan petunjuk-petunjuk wahyu dan Rasul, melainkan memperkaya horizon untuk menyikapi perubahan sosial yang cepat. 
Madzhab Syafi’i adalah salah satu madzhab dalam Islam yang dianut mayoritas umat Islam di Asia Tenggara, dan dianut pula sebagian umat Islam di Yaman, Mesir, Iraq dan Syiria. Madzhab Syafi’i disebut sebagai madzhab yang sejak awal telah diletakkan secara eksplisit metode istinbath hukumnya, yang menggabungkan antara kecenderungan tradisionis ulama Madinah (Maliki) dan kecenderungan rasional ulama Iraq (Hanafi). 
Buku ini adalah upaya untuk menyajikan kepada para pembaca mengenai madzhab Syafi’i.  Buku ini tidak membicarakan madzhab Syafi’i berdasarkan wilayah, meskipun di dalamnya secara khusus dikemukakan mengenai madzhab Syafi’i di Indonesia. Sasaran buku ini adalah para akademisi, santri, dan pelajar Islam yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai seluk beluk madzhab Syafi’i dan memahami peran penting madzhab dalam perkembangan hukum Islam.

---------------------------------------------


Disclaimer: Pembelian buku akan di proses langsung setelah pembayaran di terima..

Order mudah! via WhatsApp.

Instant Checkout dengan Contact Form WhatsApp.

Online 1x24 Jam!

Apapun pesananmu, CS (Customer Service) kami akan dengan senang hati untuk melayani.. :)

Kualitas Terbaik!

Kami memastikan, produk yang kami kirim sesuai dengan Ekspektasi pembeli.
1 Butuh bantuan?

×


×

Madzhab Syafi'i: Sejarah, Konsep, dan Struktur


*Sub-Total :
*%20

* Belum termasuk Ongkos kirim


Kirim